Shabu-Shabu Hmm... Oishii Desu Ne!
Foto: dev/Detikfood

Jakarta – Penggemar shabu-shabu pastinya sudah tak asing lagi dengan restoran Jepang yang satu ini. Menu spesialnya berupa shabu-shabu komplet dengan irisan daging sirloin tipis, sayur-sayuran, dan dipping sauce yang istimewa. Selain itu menu sushi dan teppanyaki-nya pun tak kalah lezat. Hmm… oishii desu ne!

Hujan yang mengguyur hampir sebagian besar kota Jakarta kemarin membuat udara yang biasanya panas menjadi sedikit lebih dingin dan terasa adem. Tak heran kalau perut pun jadi cepat berkemerucuk lapar. Berhubung sedang berada di kawasan Arteri Pondok Indah saya pun jadi teringat sebuah restoran Jepang yang terkenal akan shabu-shabunya.

Suasana cozy restoran dengan sentuhan kayu menyambut kedatangan saya. Menu andalan Yakoya berupa shabu-shabu yang ditawarkan all you can eat, reguler, spesial, seafood dan shabu-shabu kobe. Pilihan yang terakhir ini harganya memang paling mahal diantara jenis shabu-shabu lainnya karena menggunakan daging sapi kobe.

Mengingat porsi shabu-shabu yang lumayan besar saya pun memutuskan memesan shabu-shabu reguler. Yang membedakan reguler dan spesial sebenarnya hanya jenis dagingnya, dimana reguler menggunakan daging sapi sirloin dan ribs untuk spesial. Sedangkan untuk appetizer dipesan tempura mix dan ocha dingin untuk pelepas dahaga.

Sang pelayan pun mulai menata meja kayu yang bagian tengahnya ada kompor khusus tempat panci steamboat nantinya diletakkan. Dua buah piring besar disajikan berupa irisan tipis daging sirloin dan satu lagi sayur-sayuran seperti tauge, sawi putih, daun seruni, bokchoy, irisan wortel, udon, dan tahu.

Setelah diisi dengan air kaldu rebusan ritual mencelupkan daging beserta sayur-sayuran ke dalam panci pun mulai saya lakukan. Woww… irisan dagingnya empuk dengan balutan tipis lemak.

Dipping sauce-nya berupa larutan shoyu dan dashi yang diberi pelengkap 3 jenis; bawang putih cincang, duan bawang yang diiris halus dan lobak yang diparut. Tinggal mencampurkan ketiga bahan ini dan dicocol dengan saus yang kecokelatan dan gurih. Kaldu perebusnya pun terasa gurih dan hangat karena lemak daging sapi yang larut di dalamnya.

Sayurannya krenyes-krenyes segar karena sengaja saya rebus tak terlalu matang. Sedangkan udon alias mi Jepang yang terbuat dari tepung beras membuat sajian ini cukup ‘nendang’. Mengingat porsinya yang lumayan besar, rasanya shabu-shabu ini pas buat dimakan berdua.

Nah, untuk tempura mix sendiri ada 3 buah ebi tempura. Selebihnya ada sayur-sayuran seperti jamur, daun bayam, irisan bawang, dll. Udangnya cukup gendut dengan balutan tepung tipis keriting yang rasanya krenyes-krenyes renyah plus cocolan shoyu. Yang pasti rasanya benar-benar tidak mengecewakan.

Wah… badan terasa hangat dan perutpun kenyang. Suasana tempat santap yang sunyi, diiringi gemericik air dari kolam ikan koi membuat tubuh benar-benar nyaman! Lain kali pastinya saya bakal kembali bersama keluarga. Karena shabu-shabu memang sejak dulu dikenal sebagai sajian keluarga di Jepang terutama di musim dingin. Berkumpul sambil menghangatkan diri dengan shabu-shabu, pastinya asyik!

Yakoya
Shabu-Shabu Restaurant
Jl. Sutan Iskandar Muda No.1B
Jakarta Selatan
Telp: 021-7239853
Jam Buka: 11.30 – 14.30 (lunch) & 18.00 – 22.00 (dinner)
Harga Makanan : shabu-shabu reguler Rp. 118.000,00 per orang; AYCE Rp. 108.000,00 ++; Tempura Mix Rp. 46.800,00 dan Ocha dingin refill Rp. 6.000,00

Plaza Bumi Daya Lt.30
Jl. Imam Bonjol No.61
Jakarta
Telp: 021-3916337

Leave a Reply